Jumat, 07 November 2014

Apa itu Sound Level Meter



Pengertian Sound Level Meter
Sound Level Meter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tingkat  berapa frekuensi/berat suara yang akan ditampilkan pada dB-SPL. 0.0 dB-SPL adalah ambang pendengaran, dan sama dengan 20uPa (micropascal). Semua Sound Level Meter (SLM) memiliki fitur pengukuran kondensor mikrofon omnidirectional, preamp mic, jaringan pembobotan frekuensi, rangkaian detektor RMS, layar pengukuran, AC dan DC output yang digunakan untuk merekam. Banyak SLM memiliki set yang sama dari pengaturan pengguna, termasuk pemilihan jangkauan SPL, filter pembobotan A dan C, respon detektor lambat dan cepat, dan minimum atau maksimum SPL.
Kisaran SPL tergantung pada keseimbangan antara mengurangi  the preamp noise level dan mengukur berbagai tingkat tekanan suara. Sebagian besar ukuran SLM secara umum tersedia dari sekitar 30-130 dB-SPL dan lakukan dalam rentang 3-4.
SLM yang lebih terdepan dan mahal memiliki fitur mikrofon yang dapat dilepas, 1-octave and/or 1/3-octave filter sets, filter bobot tambahan termasuk B, D dan datar atau Linear (tanpa filter), opsi tambahan respon detektor (Impulse and Peak) dan data logging atau penyimpanan (baik on-board, sebagai file komputer atau keduanya).
Hampir semua SLM dirancang dan ditetapkan untuk melakukan salah satu dari empat tingkat standar internasional akurasi:
Berdasarkan gambar di atas, toleransi ini berada pada 1 kHz, frekuensi kalibrasi standar untuk pengukuran SPL. Dalam rangka untuk menjamin kerataan SLM ada toleransi tambahan yang ditentukan untuk berbagai frekuensi dan mikrofon juga.
SLM Kelas-0 bekerja untuk mengkalibrasi SLMs lain dan dapat digunakan untuk pengukuran kebisingan presisi yang sangat tinggi di ruang kontrol dan / atau untuk penelitian akademis.
SLM Kelas-1 dan Kelas-2 yang paling banyak digunakan oleh acousticians, profesional sound system, desainer industri / produsen dan peneliti di akademisi dan pemerintah. Pengukuran yang dilakukan dengan tingkat akurasi ini umumnya diterima sebagai bukti dalam penyelesaian sengketa hukum. Sedangkan SLM Kelas-3 dibatasi untuk noise survey meters dan dosimeter.
Mengapa perlu Sound Level Meter?
Jawaban sederhananya, mengapa perlu menggunakan SLM adalah untuk mengetahui apa yang terjadi. Pengukuran SLM juga dapat digunakan untuk memverifikasi persis berapa banyak tingkat suara telah berubah. Siapapun yang terlibat dalam pekerjaan sound system menyadari bahwa ada masalah yang sedang berlangsung dan peningkatan masalah tingkat volume yang dihasilkan dalam performance public, dan khususnya, dalam penguatan musik pop.
Bagamana cara menggunakan Sound Level Meter?
Dalam mengukur tingkat kebisingan di lokasi instalasi, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan. Jika mengukur tingkat kebisingan dari ruang rak, misalnya, pastikan bahwa SLM diposisikan jauh dari dinding, lantai dan pembatas besar lainnya. Level sinyal untuk kebisingan jarang menjadi masalah bagi pengukuran sistem loudspeaker karena kita dapat mengubah suatu sistem menjadi lebih meningkat, jauh dari tingkat kebisingan.
Tapi ketika mengukur kebisingan dari suatu loudspeaker atau dari mixing console, power supply atau dari suara umum lainnya seperti sistem HVAC, penyedot debu, alat-alat listrik, dll, kebisingan yang tidak diinginkan harus minimal 10 dB-SPL lebih rendah dari kebisingan yang diukur. Juga jangan lupa bahwa pengukuran tidak beranotasi (“00.0 dB-SPL”) akan ditafsirkan datar (tidak berimbang).
SLM measurement merupakan Suatu perangkat alat uji untuk mengukur tingkat kebisingan suara, hal tersebut sangat di perlukan terutama untuk lingkungan industri, contoh pada industri penerbangan dimana lingkungan sekitar harus diuji tingkat kebisingan suara atau tekanan suara yang ditimbulkannya untuk mengetahui pengaruhnya terhadap lingkungan sekitar.
SOUND LEVEL METER saat ini memiliki standarisasi international dengan standar EC 61672:2003. Ada beberapa faktor yang menjadi pengaruh dalam pengukuran menggunakan sound level meter ini hal tersebut membuat gelombang suara yang terukur bisa jadi tidak sama dengan nilai intensitas gelombang suara sebenarnya. faktor tesebut sbb : 
Adanya angin yang bertiup dari berbagai arah menyebabkan tidak akuratnya nilai yang terukur oleh SOUND LEVEL METER
Pengaruh kecepatan angin membuat nilai intensitas suara yang terukur tidak sesuai dengan intensitas suara dari SOUND LEVEL METER
Posisi tempat pengukuran yang terbuka seperti disekitar yang banyak tumbuhan dimana suara yang di uji banyak diserap oleh tumbuhan sehinnga pengukuran tidak maksimal.
dari beberapa faktor tesebut diketahui bahwa perjalanan suara berpengaruh dengan benda sekitar yang menyerap suara.
Berikut ini adalah beberapa alat uji SOUND LEVEL METER untuk mengukur kebisingan suara yang memiliki kualitas terpercaya sehingga data yang di dapatkan sangat akurat.
Bila anda memiliki pertanyaan atau permasalahan terkait dengan SOUND LEVEL METER jangan ragu untuk segera menghubungi kami dan kami akan senang hati dapat membantu anda.
Sound Level Meter adalah mediator perangkat untuk mengukur kebisingan, Kebisingan sendiri didefinisikan sebagai "suara yang tak dikehendaki, misalnya yang merintangi terdengarnya suara-suara, musik dsb, atau yang menyebabkan rasa sakit atau yang menghalangi gaya hidup. (JIS Z 8106 [IEC60050-801] kosa kata elektro-teknik Internasional Bab 801: Akustikal dan elektroakustik)". Jadi dapat disimpulkan bahwa kebisingan adalah bunyi atau suara yang tidak dikehendaki dan dapat mengganggu kesehatan, kenyamanan serta dapat menimbulkan ketulian, nah untuk mengetahui intensitas bising di lingkungan kerja, digunakanlah Sound Level meter dengan mekanisme kerjanya apabila ada benda bergetar, maka akan menyebabkan terjadinya perubahan tekanan udara yang dapat ditangkap oleh alat ini, selanjutnya akan menggerakan meter penunjuk.

Kenapa Sound Level Meter di perlukan untuk mengukur kebisingan suara pada industri?

Karena kita tahu bahwa kebisingan akan mempengaruhi kinerja dari tenaga kerja pada industri tersebut, karena kebisingan menyebabkan berbagai gangguan terhadap tenaga kerja, seperti gangguan fisiologis, gangguan psikologis,gangguan komunikasi dan ketulian,atau ada yang menggolongkan gangguannya berupa gangguan auditory, misalnya gangguan terhadap pendengaran dan gangguan non auditory seperti komunikasi terganggu, ancaman bahaya keselamatan, menurunnya performance kerja, kelelahan dan stress.
Diharapkan dengan menggunakan Sound level meter akan memberikan solusi bagi keselamatan tenaga kerja industri karena dengan mengetahui tingkat ukur seberapa besar intensitas suara yang didapat maka akan mendapatkan system proteksi ke tenaga kerja yang baik dan benar. Berikut merupakan alat pelindung pendengaran atas gangguan kebisingan, Alat pelindung diri yang dipakai harus mampu mengurangi kebisingan hingga mencapai level TWA atau kurang dari itu, yaitu 85 dB.
Ada 3 jenis alat pelindung pendengaran
yaitu :
  1. sumbat telinga (earplug), dapat mengurangi kebisingan 8-30 dB. Biasanya digunakan untuk proteksi sampai dengan 100 dB. Beberapa tipe dari sumbat telinga antara lain : Formable type, Costum-molded type, Premolded type.
  2. Tutup telinga (earmuff), dapat menurunkan kebisingan 25-40 dB. Digunakan untuk proteksi sampai dengan 110 dB.
  3. Helm (helmet), mengurangi kebisingan 40-50 dB
SOUND LEVEL METER measurement merupakan Suatu perangkat alat uji untuk mengukur tingkat kebisingan suara, hal tersebut sangat di perlukan terutama untuk lingkungan industri, contoh pada industri penerbangan dimana lingkungan sekitar harus diuji tingkat kebisingan suara atau tekanan suara yang ditimbulkannya untuk mengetahui pengaruhnya terhadap lingkungan sekitar.
SOUND LEVEL METER saat ini memiliki standarisasi international dengan standar EC 61672:2003. Ada beberapa faktor yang menjadi pengaruh dalam pengukuran menggunakan sound level meter ini hal tersebut membuat gelombang suara yang terukur bisa jadi tidak sama dengan nilai intensitas gelombang suara sebenarnya. faktor tesebut sbb : 
Adanya angin yang bertiup dari berbagai arah menyebabkan tidak akuratnya nilai yang terukur oleh SOUND LEVEL METER
Pengaruh kecepatan angin membuat nilai intensitas suara yang terukur tidak sesuai dengan intensitas suara dari SOUND LEVEL METER
Posisi tempat pengukuran yang terbuka seperti disekitar yang banyak tumbuhan dimana suara yang di uji banyak diserap oleh tumbuhan sehinnga pengukuran tidak maksimal.
dari beberapa faktor tesebut diketahui bahwa perjalanan suara berpengaruh dengan benda sekitar yang menyerap suara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar